Friday, 4 March 2016

Pernah Mencicipi Susu Kambing Etawa..?? Coba Disini


 Susu Kambing Etawa Super E

Pernah mencicipi susu kambing? Para penjual susu kambing biasanya menyebut produknya sebagai susu kambing etawa, yakni jenis kambing asal India yang pertama kali diimpor ke Indonesia pada tahun 1950-an. Meski yang paling populer adalah susunya, kambing ini bisa juga diambil dagingnya. Persilangan kambing Etawa dengan kambing lokal disebut kambing PE alias Peranakan Etawa.

Mengapa susu kambing tidak sepopuler susu sapi? Karena aroma khas susu kambing yang tercium kuat. Produsen susu kambing pun masih diwakili produsen kecil dan industri rumah tangga yang memasarkannya via distributor.

Ada beberapa macam susu kambing yang dipasarkan, yakni susu cair murni dan susu bubuk. Versi bubuk lebih banyak dijual, karena umur simpan yang versi cair terbatas dan harus disimpan dalam kulkas. Dan, ada beberapa produsen yang membagi lagi susu kambing bubuk dalam 2 bentuk, yaitu bentuk bubuk murni (susu cair murni, hanya ditambahkan gula) dan bentuk bubuk rekombinan (susu cair murni dicampur bahan pengisi dan flavor). Susu kambing murni agak kental dan rasanya gurih. Dibutuhkan 7 liter susu kambing cair untuk membuat 1 kg susu bubuk murni.

Sering sekali ada asumsi bahwa susu kambing etawa bukan untuk bayi, padahal persepsi yang demikian tentau saja salah, walaupun bayi sebaiknya janganlah diberi susu tambahan selain ASI hingga bayi tersebut berumur 6 bulan. Untuk bayi 6 bulan keatas etawa murni juga bisa diberikan, namun sampai saat ini belum ada produsen susu formula yang membuat formula susu kambing untuk anak bayi.

Related Posts

Pernah Mencicipi Susu Kambing Etawa..?? Coba Disini
4/ 5
Oleh